Pages

Friday, August 17, 2007

Mengatasi Pewarnaan Pada Gigi !!


Adalah dambaan setiap orang pengen punya gigi bagus, rapih, putih dan bersih. Bisa bicara bebas dengan nyaman dan sesuka hati. Tanpa harus malu karena mulut berbau yang begitu menggangu. Tapi banyak juga orang yang ngga peduli sama kesehatan giginya. Mau giginya berlubang, ngga rapih, warnanya kuning, atau mulutnya bau itu mah terserah yang penting semasih belum nimbulin sakit ya..enjoy..aja. Wah..gawat nih kalo semua orang punya prinsip kaya gini..bisa-bisa tekor, dokter giginya pasti ngga laku dong..ya gimana ngga, masyarakatnya pada cuek semua..Boro-boro mo ke dokter gigi, makan buat sehari-hari aja susah..weleh..weleh..weleh..kasian-banget kalo punya rakyat kaya gini..
Namun, di negara-negara maju ataupun perkotaan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat gigi sudah semakin tinggi. Permasalahannya pun bukan lagi diseputar gigi berlubang, gusi bengkak dan berdarah dll. Tapi lebih cenderung kepada permasalahan-permasalahan estetik (keindahan). Sebut saja bagaimana mengatasi gigi berjejal, gigi ompong dan pewarnaan pada gigi. Bagi mereka penampilan adalah segala-galanya. Jangankan sampai sakit gigi..warnanya berubah atau posisinya ngga rapih, hal ini bisa menjadi masalah yang luar biasa..tapi inget hanya untuk sebagian orang loh..nah pertanyaannya sebagian orang itu siapa..ya mereka yang masih peduli ama penampilan dan citra diri..sebut aja artis,wanita karier, eksekutif muda, pengusaha dll.
Tuntutan profesi serta gaya hidup yang tinggi mengharuskan mereka untuk selalu tampil menarik. Wajar jika kocek jutaan bahkan puluhan juta rupiah berani mereka keluarkan untuk perawatan gigi asalkan gigi tetap indah, baik bentuk, warna, maupun posisinya..yang penting gimana caranya pas lagi senyum bisa terlihat tambah cantik dan percaya diri sepanjang hari....Nah..kalo semua orang udah paham kaya gini.. Kedepan prospek dokter gigi bakal cerah banget nih ….he.he.
Nah..salah satu masalah yang sering kali menjadi keluhan utama adalah bagaimana mengatasi perubahan warna pada gigi. Perubahan yang terjadi bisa melibatkan hanya satu gigi saja atau beberapa gigi sekaligus baik yang hanya mengenai bagian permukaan gigi saja atau sampai ke struktur gigi yang paling dalam. Sebagaimana kita ketahui pewarnaan pada gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pemakaian tembakau seperti mereka yang hobi ngerokok, dan pengaruh makanan yang terlalu panas dapat beresiko menyebabkan gigi retak dan minum kopi dan teh yang berlebihanan, obat-obatan seperti tetrasiklin, trauma yang diikuti hemoraghi dan lisis eritrosit dimana produk penguraian darah meresap ke dalam tubulus dentin, umur yang semakin tua akan mengakibatkan warna gigi menjadi lebih kecoklatan, penyakit sistemik, genetik dan aplikasi fluor yang berlebih dapat menyebabkan hipoplasia email sehingga email berporus, lunak dan mudah untuk menyerap pigmen.
Saat ini perkembangan ilmu kedokteran gigi sudah semakin pesat, banyak sekali metode-metode pemutihan gigi yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan diatas, diantaranya teknik pemolesan dengan mengunakan pasta profilaksis, teknik microabration dengan mengunakan pumis dan hidrachoric acid, Veneer/crown dengan menggunakan komposit/akrilik/porselen ataupun dengan salah satu teknik perawatan gigi yang menjadi trend saat ini yaitu Bleaching..Teknik ini merupakan teknik pemutihan gigi untuk menghilangkan noda (stain) secara kimiawi dengan cara mengaplikasikan sementara bahan pemutih seperti hydrogen peroksida. Prosesnya juga bisa dipercepat dengan pemberian panas atau sinar ultraviolet. Prinsip kerja bleaching sendiri adalah memakai oksidator yang dapat bereaksi pada struktur organik penyebab pewarnaan gigi dengan cara menguraikan stain menjadi molekul-molekul yang lebih kecil lagi.
Sobat-sobat semua gigi putih adalah mutiara yang paling disukai namun menjadi kendala tersendiri ketika warnanya udah mulai pudar, kusam atau belel. Penyebabnya bisa karena banyak faktor. Meskipun demikin sesuai dengan perkembangan jaman sudah banyak cara untuk menanggulanginya. Jadi nga perlu lagi malu dan ragu, sekarang mendingan cepetan ajak nyak, babeh, adik ma kakak buat rame-rame mutihin tuh gigi jangan ampe dibiarin kelamaan yang pertama emang ngga enak dipandang mata yang kedua bisa bikin gigi tambah rapuh. Tapi inget mutihinnya jangan pake rinso apalagi byeclin ya..ntar mabok lagi..
Pemutihan gigi cara diatas harus dikerjakan oleh para professional..dengan metode dan standart yang berlaku. Masalah biaya masih relatif lah. Tapi yang pasti bagi yang mau senyumnya lebih indah dan menawan ngga salahnya nyoba teknik bleaching sebagai salah satu alternatif solusi agar tetep tampil trendi dan percaya diri !! (apa lagi kaya iklan aja..)he.he..

1 comments:

Anonymous said...

wasss,
slam knal mas,


sya rfki, ank sma, yg mw nglanjutin kuliah...


rncna ny sya jga mw ngmbil kul d fkultas ked. gigi ..

dan rncanany pda minggu ini sya mw tes wwancara d ugm mas,
mw nnya'mas , kira2 ap aj yang akn d tnyain?
ap aj yg hrus sya siapin ???
dan gmana sya hrus mnjwab????

thx before..