Pages

Saturday, March 01, 2014

Biodentine ™



Biodentine ™ :
Semen bioaktif baru untuk tindakan direct pulp capping

Oleh : Till Dammaschke
Diterjemahkan oleh drg.Martariwansyah

Ringkasan
     Biodentine ™  adalah semen bioaktif baru dengan bahan-bahan mekanis menyerupai dentin. Biodentine ™  digunakan sebagai pengganti dentin pada mahkota dan akar. Biodentine ™ memiliki efek positif pada sel pulpa vital dan merangsang pembentukan dentin tersier. Pada saat berkontak langsung  dengan jaringan pulpa maka akan merangsang  pembentukan dentin reparatif . Hal ini mendorong penggunaannya untuk direct capping setelah pulpa terekpose akibat kesalahan prosedural  pada gigi 1.5 pasien  laki-laki umur 22 tahun. Pertama, seluruh rongga diisi dengan Biodentine ™ . Tiga bulan kemudian semen dikurangi dan ditambal dengan komposit. Saat follow up 6 bulan kemudian, pada pemeriksaan  klinis gigi tampak normal, tes sensitifitas positif dan tes perkusi negatif. Rontgen foto menunjukkan tidak ada kelainan periapikal. Bahan-bahan penyusun Biodentine ™  semakin  ditingkatkan, sehingga produk ini dapat menjadi alternatif yang menarik selain kalsium hidroksida. Biodentine ™ bermanfaat untuk direct pulp capping; dalam kasus-kasus tertentu dapat menghasilkan vitalitas gigi dalam jangka panjang.

Pendahuluan
     Selama beberapa dekade terakhir kalsium hidroksida telah menjadi bahan standar untuk perawatan pulpa vital. Baik secara klinis dan histologis memberikan hasil yang sangat memuaskan pada perawatan direct maupun indirect pulp capping, karena ia mampu mensitimulus pembentukan dentin tersier. Berkontaknya dengan jaringan pulpa berkontribusi untuk menghasilkan dentin reparatif, khususnya dentir tersier degan cara pembentukan jaringan keras baru pada lapisan yang terbuka. Hal ini telah didokumentasikan pada banyak penelitian dan studi kasus yang melaporkan tingkat keberhasilan perawatan sampai 80% untuk direct pulp capping. Saat  ini kalsium hidroksida  paling memungkinkan untuk perawatan direct pulp capping dan sebagai standar utama pengujian pada bahan baru.
     Namun demikian, kalsium hidroksida memiliki beberapa kelemahan seperti ikatan yang jelek terhadap dentin, bahan yang mudah  resorpsi, serta ikatan mekanis yang tidak stabil. Akibatnya, kalsium hidroksida tidak dapat mencegah mikroleakage dalam jangka panjang. Porositas baru tersebut (tunnel defects) pada jaringan keras gigi dapat bertindak sebagai jalan masuk bagi mikroorganisme. Hal Ini dapat menyebabkan inflamasi sekunder sehingga mengkibatkan kegagalan perawatan gigi vital. Selain itu, pH tinggi (12,5) kalsium hidroksida dapat menyebabkan pencairan nekrosis pada permukaan jaringan pulpa.
     Baru-baru ini semen bioaktif baru, Biodentine ™ (Septodont, St Maur-des-Fossés, Prancis) diluncurkan ke pasaran sebagai bahan pengganti dentin. Fungsi dan indikasi nya sama dengan kalsium hidroksida, tetapi tidak memiliki kekurangan. Biodentine™ terdiri dari bubuk dalam kapsul dan cairan dalam pipet. Serbuk terutama berisi trikalsium dan dikalsium silikat,  komponen utama dari semen Portland sama baiknya dengan kalsium karbonat. Zirkonium dioksida berfungsi sebagai media kontras. Cairan ini terdiri dari kalsium klorida dalam larutan air dengan campuran dari polikarboksilat. Serbuk dicampur dengan cairan dalam kapsul triturator selama 30 detik. Setelah tercampur, set  Biodentine ™ sekitar 12 menit. Selama penyetingan ini semen kalsium hidaroksida terbentuk. Konsistensi dari biodentin sama dengan semen phospat
     Biodentine ™ dapat digunakan baik pada mahkota dan akar. Pengunaan pada mahkota melipui perlindungan pulp, penutupan sementara, manajemen karies dalam, penambalan bagian servikal, direct maupun indirect capping pulpa dan pulpotomi. Sedangkan penggunaan Pada akar meliputi penanganan perforasi saluran akar atau dasar pulpa, resorpsi internal dan eksternal, apeksifikasi dan obturasi saluran akar. Singkatnya, Biodentine ™ merupakan semen dasar pengganti dentin agar vitalitas pulpa tetap terjaga dan menstimulasi pembentukan jaringan keras dentin  yaitu pembentukan dentin reparatif (tersier). Laporan kasus memperlihatkan penggunaan Biodentine ™ pada perawatan  direct capping  pulpa.

Download file aslinya
Download file terjemahan lengkap

0 comments: