Pages

Thursday, May 03, 2007

Ada Apa Dengan Sariawan ??

Kalo dipikir-pikir salah satu penyakit dalam ronga mulut yang paling nyusahin plus nyebelin adalah sariawan. Udah mah kecil, nyeri, lama lagi sembuhnya bayangin bisa ampe 7-10 hari baru bisa normal. Males banged kan ?? Sobat2x..hampir semua orang pastilah pernah mengalami sariawan, baik itu yang di bibir, gusi, lidah atau langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun nih penyakit ngga terlalu berbahaya tapi jujur ngga enak banged semuaannya sama-sama bikin pusiiiing...

Emang apasih sebenarnya Sariawan itu ? Sariawan atau stomatis aphtosa adalah peradangan pada jaringan mukosa mulut, Ini biasanya terjadi karena luka tergigit, makan-makanan yang pedas dan panas, alergi lokal, kekurangan vitamin C dan zat besi atau juga karena kelainan pencernaan, kebersihan mulut yang tidak terjaga, faktor psikologi seperti terlalu emosi dan stres, dan kondisi tubuh yang tidak fit. Makanya suka juga disebut sebagai penyakit multifaktorial artinya banyak faktor yang bisa menyertainya.

Secara klinis sariawan biasanya terlihat seperti cekungan kecil di salah satu bagian mukosa mulut, berdiameter ± 2-3 mm, warnanya agak putih kekuningan, sedikit berlendir dan biasanya bisa timbul secara tunggal maupun berkelompok. Sariawan ini sering kali menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar yang terkadang menyebabkan kita-kita sulit untuk menelan makanan, dan kalo udah parah dapat menyebabkan demam. Ngeri kan??

Sebenarnya cara pencegahan dan pengobatannya cukup mudah, pertama memang kita harus menjaga kesehatan secara umum, seperti banyak makan sayur-sayuran, buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dan olah raga secara teratur. Hindari stress yang berlebihan...makanya jangan banyak utang dong !! (he..he..). Lalu kondisi oral hygine pun perlu diperhatikan, minimal sikat gigi secara teratur dan hindari menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan bulu sikat gigi yang sudah mengembang.

Nah..sebagai terapi bisa juga menggunakan salep kortikosteroid yang dapat langsung dioleskan pada bagian yang sakit, kemudian pake obat tetes gentien violet, perak nitrat, atau obat kumur antiseptik yang juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Terkadang kalo sudah sampai parah maka bisa diberikan tablet prednison atau obat kumur deksametason. Lieur kan ?? Kalo mau semuanya bisa di dapatkan di rumah sakit atau apotek terdekat atau hubungi.....dibawah ini..

- 081320016844 -

(Lho..kok Jadi Promosi..!!)

2 comments:

Anonymous said...

gw neh pasien tetap sariawan...abis kegigit dikit aja jadi sariawan..kena sikat gigi aja jadi sariawan..yg lebih parah kalo lagi maen berantem2 ama anak gw trus gw kena pukul di bibir, besoknya langsung sariawan deh...nyebelin kan...

ummul said...

sariawan?

emang nyebelin, jadi susah untuk berbagi senyum!

tapi gimana lagi..., daripada berkeluh kesah, lebih baik nikmatin ajah!

salam, dan senyum!

ummul-orthodonti.blogspot.com

:-)