Pages

Saturday, April 28, 2007

Kok Gigi Kuning Ya ??

Pertanyaan seperti ini kerap kali kita temuin kalo pas lagi ngaca, atao mupengin bengeud (red:wajah) seharian..terlebih-lebih ketika ngeliat gigi yang saban hari kok semakin ga jelas warnanya..dibilang putih..ngga putih-putih banged, dibilang coklat ngga juga jadi warna apa ya..?oya kuning kali ye..warna yang kerap kali menghinggap di rentetan mutiara rongga mulut kita. Masalahnya warna kuning itu warna normal ato ngga?? Kebanyakan orang suka salah kaprah kalo seharusnya warna gigi yang sehat itu adalah pure warna putih bukan warna keputih-putihan apalagi kekuning-kuningan. Nah..kalo warna itu yang tejadi di kita berarti itu tandanya jorok alias kotor ngga kekontrol.
Sobat-sobat bloger yang ka’ riwan cintai…(ce ileh..cinta…emang kapan ketemunya…). Warna kuning pada gigi pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena keseringan minum kopi atao teh atau juga karena memang pengaruh zat kimia tertentu misalnya tetrasiklin. Tapi sebenarnya ada penyebab lain yang tanpa disadari itu sering terjadi pada kita, mau tau apa ? Begini-nih..kalo kita abis makan apapun, entahkah nasi, buah, roti, coklat ato daging (red:asalkan jangan daging manusia ntar kaya sumanto lagi) maka pastilah meninggalkan sisa-sisa makanan. Sisa-sisa makanan ini kalo di ilmu kedokteran gigi sering kita sebut dengan istilah debris, nah debris yang mengandung karbohidrat kemudian bercampur dengan air ludah dan membentuk lapisan tipis sebagai tempat nempelnya bakteri. Nama bakterinya streptococcus sanguis. Bakteri-bekteri ganjen ini setelah 15 menit kemudian akan bermetabolisme menghasilkan asam beserta produk-produk lainnya. Asam inilah yang nantinya akan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah lagi. Dan jika tetap dibiarkan 2-3 jam maka bakteri akan terus tumbuh dan melekat pada permukaan gigi yang akhirnya terbentuklah deposit lunak yang lebih dikenal dengan Plak ato Jigonxs. Lama-kelamaan jigonxs ini akan mateng dan nantinya berwarna kuning, lucu, imut ples bau lagi..huwee…baunya Nauzubillah. Minta ampun jadi pengen muntah.
Jadi sobat-sobat ku, sekarang kita udah mulai ngerti kan, kalo penumpukan plak yang mateng itulah yang menyebabkan warna gigi-gigi lu lu pade kuning. Dan kalo terus dibiarin tanpa sikat gigi yang baik dan benar maka dapat mengakibatkan gigi berlobang atau radang gusi. Makanya sering sikat gigi dong…kan malu..udah cakep, keren, wangi..tapi pas lagi ngomong..he-he..giginya pada kuning semua..kan jadi turun wibawa..,So usul kongkrit, nanti abis baca ini cepet-cepet deh pulang kerumah..sikat tuh gigi mpe bersih. Biar jigonxs yang udah sekilo itu hilang tuntas.tas.tas.tas…