Pages

Saturday, June 24, 2006

Pendidikan Borok di Negeri Bobrok

Fakta menunjukkan sekitar 5768 orang siswa SMA tidak lulus UN, semua pihak berteriak, berkomentar dan saling tuduh. Banyak yang mempertanyakan, salah siapa dibalik kegagalan semua ini...Pemerintah ? Sekolah ? atau Siswanya ?. Hujatan, tudingan dan sumpahan saling dilontarkan akibat dari ketidakjelasan sistem pendidikan yang semakin busuk. Semua orang tidak mau berusaha berbesar hati melihat semua kekurangan di balik kegagalan ini. Kalau boleh jujur ini kesalahan semua pihak..
dari Pemerintah sendiri tidak punya standart dan ketegasan pelaksanaan sistem pendidian, kurikulum setiap tahun berubah dan tidak ada yang stabil atau boleh jadi ini implikasi dari kegagalan pemerintah dalam merealisasikan dana pendidikan sebesar 20 %. Dari sekolahnya juga tidak mempunyai kekritisan dalam menentukan sistem pelaksanaan mikro pendidikan sekolah..standar guru pengajar masih jauh dari harapan, ketersediaan buku2 sekolah masih jauh dari harapan, penurunan etos kerja yang drastis para guru semakin meningkat.. dan terakhir..dari siswanya sendiri yang tidak tahu diri...sudah tahu akan menghadapi UN masih tidak berusaha mempersiapkan dengan maksimal, karena menurut survey, mereka yang kebanyakan tidak lulus adalah siswa yang biasanya disekolah bermasalah dari segi akademis. sehingga berimplikasi negatif terhadap hasil UN yang sudah dijalani.
Artinya apa? bahwa..ini semua merupakan kelalaian yang terakumulasi dari setiap aspek dan elemen. Kita semua harus bertanggung jawab atas keborokan sistem pendidikan saat ini..Cukup sudah negeri ini bobrok akibat ulah para koruptor. jangan ditambah lagi dengan kehancuran dan ketidakjelasan mekanisme pendidikan yang belum jelas arah dan tujuannya..Mau di bawa kemana rakyat Indonesia kedepan? akan dibagaimanakan generasi penerus bangsa nanti jikalau sistem pendidikan masih seperti ini saja...Hayoo kita bangkitt !!! lawan...dan hancurkan kebodohan...

0 comments: