Pages

Friday, October 24, 2008

Pasta Gigi Berdetergen ??

Nah..nyambung dari tulisan saya sebelumnya tentang go green dentistry..Kali ini saya pengen negabahas sedikit tentang topik yang masih nyerempet2 dengan tema green dentistry kemaren.What’s Up Man??
Sabar2..Ntar lagi kita kupas tuntas deh, tapi sebelumnya yuk kita teriak bareng2.Siaaap hayo satu..dua…tiga…Go..Go..Go..Green dentistry??...he..he.. Norak ngga sih??
Ngga apa2 lah yang penting kita udah berpartisipasi untuk mengkampanyekan lingkungan hidup sehat. Mumpung sekarang kampanye masih gratis loh dan ngga ada yang ngelarang2…hihihi..
Oke.oke..let’s start the topic..gini nih.sama2 kita sadari bahwa hampir tiap hari kita selalu gosok gigi yang pasti pake pasta dan sikat giginya. Masalahnya adalah..tau ngga sobat-sobat semua.tenyata pasta gigi yang sering kita gunakan selama ini, mengandung salah satu bahan yang cukup membahayakan buat kesehatan rongga mulut khususnya dan tubuh secara umumnya..Bahan tersebut adalah detergent..Loh koq bisa?? Bisa dong..kenapa juga kalo pas gosok gigi sering ada busanya . Itu karena dalam pasta giginya mengandung bahan detergent berupa sodium lauryl sulfate(SLS) atau cocoamidoprophylbetaine (CAPB). Nah berita buruknya adalah kedua bahan ini bersiko besar dapat menimbulkan penyakit recurrent apthous mouth ulcers (RAU) atau bahasa awamnya sariawan yang sering hilang timbul. Tuh..ngerikan??
Emang kenapa sih perusahaan2 tega tetep make tuh bahan, padahal udah jelas-jelas berbahaya buat kesehatan. Gini.nih sobat..selain sebagai foaming(pembuat busa), bahan ini juga harganya lebih murah disamping itu berfungsi sebagai pemoles dengan cara membasahi gigi dan partikel2 makanan yang tertinggal di gigi dan juga berfungsi untuk mengemulsikan mukus (lendir). Jumlah deterjen yang digunakan juga bervariasi berkisar 1.5 – 5 % dari total berat pasta gigi. Tuh..kan… Tapi efeknya kan bahaya ya??bisa menyebabkan RAU..Nah dari beberapa artikel yang saya baca efek detergen ini membuat lapisan musin (pelumas) dalam mulut kita tidak berfumgsi secara alami sehingga mukosa rongga mulut cepat kering akibatnya membuka lapisan dasar epithelium yang lama kelamaan akan mudah luka jika terkena trauma. Resiko ini akan meningkatkan terjadinya RAU. Belum selesai ampe disitu efek dari detergent ini juga dapat merubah indra pearasa. Bisa dibuktikan jika seseorang mengosok gigi dengan pasta berdetergen kemudian makan atau minum, maka rasanya akan berubah. Meskipun masih sementara .Wow.. ngeri sekalee..
Biar rada ilmiah coba baca penelitian yang pernah dilakukan oleh Bente Brokstad Herlofson dan Barkvoll dari Department of Oral Surgery and Oral Medicine, Dental Faculty, University of Oslo, Oslo, Norwegia terhadap 30 orang naracoba adalah membandingkan efek pengunaan pasta gigi dengan detergen dan bebas deterjen terhadap timbulnya RAU. Singkat cerita hasilnya adalah bahwa pasien yang menggunnakan pasta gigi berdetergen lebih sering terkena RAU dibandingkan denga pasien yang bebas detergen. Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Chachine bahwa berkurangnya angka dari kemunculan RAU secara statistik diobservasi selam dua bulan terhadap mereka yang mengunakan pasta gigi yang bebas SLS.
Kesimpulanya adaklah yuk mari kita mulai beralih ke pasta gigi yang bebas detergen. Meskipun harganya agak lebih mahal tapi demi kesehatan yang lebih baik kehidupan yang lebih panjang maka ngga perlu sungkan dan ragu untuk menebus semua itu (halah..). Mulai dari sekarang “No Way pasta gigi berdetergen !!” Emang kita ini cucian dibersihin pake detergen segala.ha.ha.

3 comments:

sachroel said...

wah....ini nih....informatif banget. thanks pak dokter.

hmmm pasta gigi saya pake detergen gak ya? cek ntar ah

sodium lauryl sulfate(SLS) cocoamidoprophylbetaine (CAPB)

Anonymous said...

hihih...Na dah ngikutin saran Riwan ttg gosok gg tanpa pasta gg..air yang digunakan cuman air ludah kita sendiri...kt riwan seger...awalnya biasa aja kyk pk pastagg...tapi bangun tidur...masyaallah...rasanya aneh...ato krn blm terbiasa kli yah...ga tau jg deng..tapi kapok ah..hihihi..eh..met hari bloggers yah..^_^

Anonymous said...

hihi..dicoba aja terus ntar jg terbiasa koq?bagus2..oh..sekarang hari blogger??baru tau.